Informasi Digital Sebagai Aset Penghasilan Milenial

Informasi Digital Sebagai Aset Penghasilan Milenial

Informasi Digital Sebagai Aset Penghasilan Milenial

Teknologi Gadget – Tidak bisa dipungkiri kalau peran informasi digital sangat kuat. Apalagi di era yang serba menggunakan digitalisasi seperti sekarang ini. Sudah sepatutnya sebagai masyarakat modern dituntut untuk melek info. Nyatanya teknologi informasi yang semakin berkembang menjadi aset penting dan sudah melekat dalam setiap aspek kehidupan.

Nah kita juga wajib bersyukur karena tergolong masyarakat modern alias milenial. Soalnya ada keuntungan tersendiri dengan status tersebut. Daripada bingung, ikuti ulasan seputar informasi digital sebagai aset penghasilan milenial saja yuk. Scroll untuk keuntungan yang mungkin tidak pernah anda pikirkan sebelumnya ya!

Informasi Digital Menjadi Sumber Bisnis Terbesar

Informasi Digital Menjadi Sumber Bisnis Terbesar

Pertanyaan terbesar yang mungkin terbesit di benak anda adalah, mengapa informasi dan digitalisasi? Pada dasarnya fokus masa kini terhadap teknologi informasi tentu karena besarnya peran digital. Yang pasti anda rasakan adalah bagaimana kemudahan akses info di era digitalisasi seperti sekarang. Tidak bisa dipungkiri juga, kemajuan peradaban manusia berhasil sampai di titik ini tentu atas dukungan teknologi.

Era digital atau istilah lawasnya “serba komputer” sudah memasuki banyak sektor dalam kehidupan. Terutama di sektor bisnis sebagai pusat dari mata rantai peradaban kita. Di tengah modernisasi teknologi pangsa pasar digitalisasi bisnis menjadi pilihan terdepan. Istilah “supply and demand” nampaknya sangat cocok untuk mewakili fenomena ini. Kebutuhan pasar akan informasi digital membuat ketersediaan inovasi dan teknologi harus berkembang. Nah bidang bisnis lah yang menjembatani supaya ada keuntungan di masa sekarang.

Keuntungan Sebagai Milenial Digital

Sebagai kaum muda yang tergolong berada di fase milenial, ada keuntungan tersendiri di era sekarang karena hal berikut.

  • Teknologi menjadi aset ilmu yang didapat dengan berkecukupan sejak kecil,
  • Kaum milenial sudah mendapat kemudahan akses informasi,
  • Tumbuh dan berkembang di zaman modern bikin anda mudah beradaptasi dengan teknologi,
  • Bisa berperan langsung dalam lingkup digitalisasi.

Internet Menjadi Sumber Rezeki

Internet Menjadi Sumber Rezeki

Bisa dibilang, IT dan digitalisasi menjadi aset penghasilan bagi anak bangsa. Tidak jarang banyak anak muda yang sanggup mengisi kantong pribadi. Riset menunjukkan saat ini keuangan para milenial bergantung pada internet. Berikut aset lengkapnya ya.

1. E-commerce
E-commerce - Teknologi Gadget
E-commerce – Teknologi Gadget

Memanfaatkan ragam info di sosial media menjadi spot wajib bagi anak muda. Selain bisa eksis, anda juga bisa melakukan ekspansi bisnis. Berbagai layanan e-commerce menyediakan sarana untuk branding bisnis baik barang maupun jasa. E-commerce menjadi salah satu sumber keuangan yang dipilih banyak netter. Beberapa contoh e-commerce yang sudah terkenal di Indonesia adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan sebagainya.

2. Desain Grafis
Desain Grafis - Teknologi Gadget
Desain Grafis – Teknologi Gadget

Melakukan promosi atau pengenalan suatu barang secara online tentu membutuhkan sesuatu yang menarik. Jasa desain grafis yang sedang banyak dicari oleh para pemilih usaha tentu akan kebanjiran pekerjaan. Pembuatan logo, webtoon, banner iklan, bahkan desain sebuah website akan membutuhkan jasa desain grafis. Biasanya situs yang melakukan promosi secara online akan terus menerus berkontribusi di bidang desain.

3. Reksa Dana
Reksa Dana - Teknologi Gadget
Reksa Dana – Teknologi Gadget

Program menabung memang sudah ada sejak zaman dulu. Tetapi sekarang menabung juga menjadi penghasilan pasif bagi kawula muda. Lembaga survei menunjukkan kalau reksadana menjadi pilihan para milenial untuk memanajemen keuangan. Pasalnya dengan investasi reksa dana, uang anda akan lebih aman dari bermain saham.

4. Fintech
Fintech - Teknologi Gadget
Fintech – Teknologi Gadget

Meski uang adalah alat pembayaran yang sah, sekarang uang hanya terlihat nominalnya saja. Bukan berarti nilai uang negara kita yang lemah, tetapi karena alih budaya dalam masyarakat. Sekarang transaksi pembayaran lebih sering diakses melalui dompet digital. Yang mana dirasa lebih aman dan cepat dalam prosesnya.

5. Web Developer
Web Developer - Teknologi Gadget
Web Developer – Teknologi Gadget

Menjadi web developer tentu menjadi peluang bisnis informasi digital terbesar. Penggunaan jasa ini juga sangat beragam jenisnya dan disesuaikan dengan kebutuhan para pebisnis. Jika Anda mencari sesuatu di Google, semua website yang muncul di halaman pencarian adalah hasil kerja web developer. Contohnya adalah perusahaan, lembaga pendidikan, instansi negara, aplikasi handphone, situs judi online, dan sebagainya. Walaupun harus memiliki kemampuan khusus di bidang IT, namun web developer akan selalu dicari oleh para pebisnis.

Otoritas Jasa Keuangan Dan Keamanan Dompet

Otoritas Jasa Keuangan Dan Keamanan Dompet

Fintech atau finansial technology memang jadi salah satu aset bagi pemuda sekarang. Tidak hanya dikemas dalam dompet digital, tetapi juga dalam peminjaman online. Seperti dua sisi pisau, kemudahan akses aset perbankan saat ini juga perlu diwaspadai. Karena jika anda tidak berhati-hati dalam mengatur keuangan, tentu justru tidak ada keuntungannya.

Untuk memulai mendapat penghasilan dari media digital, anda perlu perhatikan beberapa hal. Diantaranya yaitu keamanan platform yang akan anda pilih baik untuk berbisnis, menabung, investasi ataupun bertransaksi. Pada dasarnya setiap perputaran bisnis yang menggunakan jasa keuangan telah diawasi negara. Melalui lembaga otoritas jasa keuangan (OJK) segala model digitalisasi keuangan disaring.

Tetapi apakah OJK menjamin keamanan pelayanan digital anda? OJK tentu hanya menetapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh media fintech. Nah eksekusinya selebihnya ada ditangan anda. Berikut tips aman akses aset anda secara digital ya.

  • Gunakan platform resmi yang dipantau OJK dan memiliki rating positif,
  • Perhatikan aturan terkait data dan informasi pribadi terkait fintech,
  • Untuk menghindari kebocoran data aset, pastikan anda mengakses hanya pada perangkat pribadi anda,
  • Gunakan jaringan yang semestinya,
  • Jangan mudah tergiur kemudahan transaksi pinjaman online,
  • Hitung laba-rugi sebelum memilih.

Semoga bermanfaat dan have a great saving!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *