Perkembangan Teknologi Informasi Di Dunia

Perkembangan Teknologi Informasi Di Dunia

Perkembangan Teknologi Informasi Di Dunia

Teknologi Gadget– Perkembangan teknologi informasi mungkin adalah perubahan yang paling mudah anda rasakan. Pasalnya perkembangan teknologi beriringan dengan laju tingkat perubahan kehidupan. Semakin hari semua serba mudah berkat era digitalisasi. Segala aktivitas anda pun dapat semakin cepat berkat kemudahan akses teknologi.

Perkembangan teknologi nggak langsung ada begitu saja lho. Ada sejarah panjang di balik itu semua dan akan terus berubah seiring zaman berganti. Sebagai kaum milenial, yuk melek perkembangan teknologi informasi secara Internasional. Simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini

Perkembangan Teknologi Informasi Secara Internasional

Perkembangan Teknologi Informasi Secara Internasional

Sejak munculnya modernisasi komputer, digitalisasi informasi turut berkembang pesat. Segala jenis informasi dengan mudah anda terima, unduh dan sebarkan secara massal. Seolah-olah secara global semua terkoneksi melalui internet. Tapi apakah anda tidak penasaran awal mula teknologi informasi tercipta?

Mari sejenak menilik sejarah perkembangan teknologi informasi. Teknologi sejatinya sudah jauh ditemukan sejak 3.000 tahun SM. Nah perkembangannya sendiri terbagi menjadi 4 masa dimulai dari masa pra-mesin di tahun 3.000 SM-1450 Masehi. Berlanjut ke masa revolusi industri bermesin pada tahun 1451- 1840. Penemuan elektromekanik jadi awal berkembangnya telekomunikasi di awal 1841 hingga 1940. Yang kemudian melejit hingga saat ini dengan pelbagai teknologi elektronik.

Teknologi Terbaru 2020

Teknologi Terbaru 2020 5g

Yuk simak berbagai teknologi informasi terbaru yang lagi menarik perhatian Internasional seperti berikut ini.

  • 5G – di mana anda bisa merasakan kecepatan koneksi tinggi dan stabil.
  • Serverless Computing – di mana organisasi bisa bikin sistem automasi sendiri dengan robot.
  • Blockchain – yang didesain untuk memanage transaksi internet termasuk pertukaran data dengan lebih aman.
  • Biometrics – yang mana memudahkan identifikasi keamanan termasuk menggunakan sensor pemindai retina, fingerprint atau wajah.
  • Robotics – tentu untuk meningkatkan proses industrialisasi.
  • 3D Printing – memudahkan pencetakan produk untuk desain yang rumit sekalipun.
  • Drone – memudahkan sistem autopilot dan akses aerial.
Negara Di Balik Pertumbuhan IT

Di balik pesatnya perkembangan teknologi, ada 5 negara yang jadi pelopor seperti berikut ini.

1. Jepang

negara pertumbuhan IT Jepang

Negara Asia satu ini memang jadi gudangnya inovasi di bidang teknologi. Jepang juga jadi negara penghasil kendaraan mesin terbaik. Perkembangan teknologi informasi di negeri sakura ini nggak pernah dibatasi lho. Bahkan akses informasi pun bisa dilayani langsung oleh robot super canggih.

2. Jerman

Negara ini memang dikenal dengan bidang tekniknya, termasuk teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi di Jerman juga diarahkan untuk bidang militer lho. Makanya pertahanan cyber negara ini super tinggi. Jerman juga mengalokasikan perkembangan teknologi informasi nya di bidang arsitektur. Makanya ada banyak rumah bernuansa modern serba otomatis.

3. Amerika

Negara adidaya ini sangat berkembang di bidang perangkat lunaknya. Ada banyak produk pendukung teknologi informasi yang diproduksi oleh Amerika. Perusahaan yang bergerak di bidang IT juga banyak berpusat di negara ini. Untuk bidang astronomi yang berkaitan dengan satelit telekomunikasi pun Amerika gencar mengembangkannya.

4. Israel

Negara ini nggak selamanya penuh dengan militan perang lho. Pasalnya pusat teknologi perangkat keras pun di dukung oleh Israel. Anda dapat dengan mudah menemukan perangkat pendukung telekomunikasi yang pabrikan Israel. Pasalnya negara ini adalah rumah bagi ilmuwan dan teknisi pencipta teknologi perangkat informasi.

5. Korea Selatan

Bukan hanya melejit dari bidang entertainment saja, Korsel juga layak diapresiasi dalam bidang IT. Negara ini sendiri diklaim sebagai negara dengan koneksi internet tercepat. Anda bisa temukan banyak wifi gratis di berbagai pusat kota. Korea Selatan juga sering meluncurkan inovasi di bidang telekomunikasi, termasuk industri ponsel cerdasnya. Sebagian perangkat seperti semikonduktor dan chip berbagai merk ponsel ternama dibuat di negara ini.

Pentingnya Bijak di Era Digital

pentingnya bijak di era digital

Di tengah berkembangnya teknologi informasi, ada baiknya kita pun semakin bijak. Ibarat dua mata pisau, perkembangan IT sangat membantu kehidupan tetapi juga dapat berujung malapetaka. Karena nggak bisa dipungkiri kejahatan internet pun semakin merajalela. Berikut tips bijak penggunaan teknologi informasi di era digital seperti sekarang ini.

  • Mengurangi akses data pribadi di ruang publik dengan sembrono, untuk mengurangi resiko penyadapan.
  • Membeli dan menggunakan perangkat teknologi informasi dengan legal.
  • Tidak sembarangan mengakses server tertentu.
  • Jika menggunakan koneksi publik, ada baiknya anda menggunakan browser penyamaran atau incognito.
  • Menjaga data dan privasi penting anda dengan tidak membagikan ke publik digital.

Demikian pembahasan kami mengenai perkembangan teknologi informasi dan gadget. Melihat perkembangannya yang begitu cepat ternyata teknologi sudah menguasai pasar terbesar di dunia. Tentunya hal ini menjadi gebrakan baru pasar ekonomi. Manfaatkan kesempatan perkembangan teknologi dan gadget yang bisa dijadikan keuntungan untuk Anda. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *